Biografi Fatmawati ”Penjahit Bendera Pusaka Pertama Indonesia”

Anonymous

    Profil Fatmawati    

Biografi Fatmawati
Nama Lengkap : Fatmawati Soekarno
Lahir : Bengkulu, Hindia Belanda, 5 Februari 1923
Meninggal : Kuala Lumpur, Malaysia, 14 Mei 1980 (umur 57)
Makam : Karet Bivak, Jakarta.
Kebangsaan : Indonesia
Zodiac : Aquarius
Suami : Soekarno (1943-1953)
Agama : Islam

    Biografi Fatmawati    

Anda pasti percaya dengan kata-kata, ada wanita hebat dibalik seorang lelaki yang hebat. Kehebatan dan kesukesan dari presiden pertama Indonesia Ir.soekarno juga tidak akan terlepas dari campur tangan istrinya yaitu ibu fatmawati. Ibu fatmawati lahir di daerah pasar Padang Bengkulu pada tanggal 15 Februari tahun 1923. Beliau tumbuh dari keluarga muhammadiyah. Dalam biografi fatmawati diceritakan bahwa beliau menempuh pendidikan di Hollandsch inlandsche School (HIS). Selanjutnya beliau juga menempuh pendidikan khusus di sebuah sekolah yang dikelola oleh organisasi katolik.

Fatmawati mulai menyukai dan memberikan minta pada organisasi sejak beliau berada sekolah dasar. Pada saat itu beliau aktif dalam organisasi naysatul asyiyah yang merupakan organisasi perempuan dibawah organisasi muhamamdiyah. Beliau mulai kenal dengan soekarno, sejak soekarno dipindahkan ke tempat perasinganya yaitu didaerah Flores, NTT. Pada saat itu bung karno bekerja sebagai seorang pengajar di sekolah muhammadiyah dan fatmawati menjadi siswanya pada saat itu. Dalam biografi fatmawati diceritakan bahwa fatmawati tinggal dirumah bung karno bersama istrinya yaitu bu inggit. 

Kutipan Soekarno bersama Fatmawati
Akhirnya soekarno bercerai dengan ibu inggit dan memperistri ibu fatmawati. Pernikahan ir soekarno dan fatmawati dilakukan pada tahun 1943 yang dilaksanakan di Jakarta. Dikarenakan masalah yang semakin banyak, menjadikan fatmawati ikut hijrah ke Jakarta dan mendampingi soekarno disana. Setelah menikah satu tahun, akhirnya mereka dikaruniai seorang putra yang bernama Muhammad guruh soekarno putra. Pada tahun 1945 setelah Jepang menyerah kepada sekutu, terjadi suatu masalah yang cukup hebat. Dan muncul cerita bahwa soekarno dan hatta menghianati bangsa Indonesia. Tetapi itu hanya bualan yang dibuat oleh Jepang saja. Dalam biografi fatmawati, tentang berita ini juga banyak diceritakan.

Pada suatu malam, soekarno dibawa ke rengas dengklok dan disuruh oleh para pemuda untuk segera memplokamirkan kemerdekaan. Pada saat itu banyak sekali pemuda yang berkumpul didepan rumah fatmawati. Akhirnya bung karno dan bung hatta keluar dan bilang bahwa semuanya sudah dipersiapkan. Melihat hal itu Ibu fatmawati akhirnya mengambil kain yang dia jahit sendiri. bahan bendera tersebut dia terima dari seorang pemuda yang bernama chaerul bisri. Bendera pertama yang dikibarkan itu, sekarang disimpan di monumen nasional Indonesia. Ketika membaca biografi fatmawati, kita akan tahu bagaimana perjuangan beliau untuk mendukung kemerdekaan Indonesia.

Pada tanggal 17 agustus 1945, proklamasi kemerdekaan Indonesia akhirnya dikumandangkan. Selanjutnya ibu fatmawati dan rekannya S,K trimutri mengibarkan bendera merah putih pada saat berkumandangnya lagu Indonesia raya. Beliau juga melahirkan putra dan putri lainnya dari soekarno. Soekarno juga minta ijin untuk menikah dengan hartini. Mendengar itu, fatmawati minta untuk dipulangkan ke orang tuanya. Fatmawati meninggal dunia pada tahun 1980 pada tanggal 14 mei.

    Anak Fatmawati    

  • Guntur Soekarnoputra
  • Megawati Soekarnoputri
  • Rachmawati Soekarnoputri
  • Sukmawati Soekarnoputri
  • Guruh Soekarnoputra

    Penghargaan Fatmawati    

  • Terkenal sebagai wanita yang menjahit bendera merah putih pada saat kemerdekaan Republik Indonesia
Itulah beberapa cerita singkat tentang biografi fatmawati. Semoga dapat sedikit memberikan ilmu untuk pembaca biografipahlawan.com serta dapat memberikan inspirasi kepada perempuan perempuan penerus bangsa Indonesia.

Share this :

Catatan: Seluruh artikel biografi yang ada pada situs ini kami dapatkan dari berbagai sumber. Sedapat mungkin informasi yang disampaikan akurat dan benar, Kami mohon maaf jika informasi yang disampaikan masih terdapat kekeliruan atau kesalahan, Mohon untuk menghubungi kami melalui halaman Form Kontak atau melalui kotak komentar yang tersedia.
Tokoh Pahlawan
« Prev Post
Tokoh Pahlawan
Next Post »
1 Komentar
avatar

Ibunda fatmawati sungguh sosok wanita penjebar semangat... Tetaplah berkibara bendera Fatmawatiku...

Balas